14 Objek Wisata di Indonesia Terkenal hingga ke Mancanegara!

www.artjunction.org14 Objek Wisata di Indonesia Terkenal hingga ke Mancanegara! Negara kita tercinta yaitu Indonesia. kita bisa dengan mudah menemukan tempat-tempat indah dan memukau dan indah akan pesonanya. memang memiliki alam yang sangat indah. Dari Sabang sampai Merauke. Sebagai penduduk asli Indonesia, kita sudah sepatutnya berbangga hati loh Toppers tinggal di negeri yang dikelilingi beribu – ribu pulau dengan keindahan yang tiada duanya.

Tidak heran kalau banyak turis wisatawan yang rela berdatangan dari berbagai negara untuk menikmati objek wisata Indonesia yang populer di mancanegara.

Beberapa di antaranya bahkan masih jarang dikunjungi wisatawan dalam negeri.

Dari sekian banyak objek wisata di Indonesia favorit yang sering dikunjungi, beberapa diantaranya bahkan sudah terkenal hingga ke seluruh dunia loh! Mau tahu apa saja itu? Yuk, kita simak inilah ragam tempat wisata Indonesia yang terkenal di dunia berikut:

Tujuan Wisata Indonesia yang Populer di Mata Dunia

1. Danau Toba (Sumatera Utara)

Apakah Toppers pernah berkunjung ke Danau Toba? Danau dengan keindahan yang mempesona dan tidak tertandingi ini merupakan danau vulkanik terbesar di Asia Tenggara dan terbesar kedua di dunia setelah Danau Victoria.

Danau Toba sudah lama terkenal sebagai salah satu objek wisata Indonesia favorit yang sering dikunjungi sejak tahun 1980-an loh!

Objek wisata Indonesia yang terkenal di dunia ini memiliki luas 1.145 kilometer persegi. Di tengah danau terdapat Pulau Samosir yang luasnya hampir sebanding dengan negara Singapura. Bisa bayangin kan Toppers, betapa megahnya dan mempesonanya Danau Toba ?

Selain terluas, danau ini juga termasuk salah satu danau terdalam di dunia dengan kedalaman sekitar 450 meter.

Untuk Toppers yang akan berkunjung ke Sumatera Utara, sempatkanlah mampir untuk menikmati keindahan dan mempesonanya Danau Toba di jamin Toppers ga akan nyesel deh !

2. Nusa Penida (Bali)

Pulau Bali, seluruh dunia pastilah tau pulau yang satu ini karena pemandangannya yang indah, budayanya yang masih kental terasa dan pantai nya yang eksotis dan  sudah tidak bisa dipungkiri lagi namanya memang merajalela Saat Toppers berkunjung ke Bali jangan heran kalau banyak banget turis berlalu lalang di sana, bahkan beberapa ada yang menetap di Bali loh!

Salah satu objek wisata di Bali yang populer di mata dunia saat ini adalah Nusa Penida. Tempat wisata Indonesia favorit ini adalah pilihan tepat untuk Toppers yang suka melakukan Island Hoping, dan menikmati keindahan bawah laut dengan snorkeling.

Dengan panorama pantai yang indah Nusa Penida dan pulau-pulau kecil sekitarnya menawarkan pengalaman berbeda dan tentunya akan memanjakan Toppers yang juga memiliki hobi fotografi.

3. Taman Laut Bunaken (Sulawesi Utara)

Destinasi wisata di Indonesia yang populer di mancanegara selanjutnya adalah Taman Laut Bunaken yang berada di Teluk Manado.

Bunaken menjadi salah satu objek wisata di Indonesia yang membuat Toppers tercengang ialah karena keindahan taman bawah lautnya yang sulit ditemukan di negara lain.

Berkunjung ke Taman Laut Bunaken, Toppers akan menemukan keindahan kehidupan di dalam laut yang memanjkan mata Toppers dan tidak bisa berhenti memandangnya.

Di dalam taman laut ini terdapat 13 jenis terumbu karang yang didominasi dengan bebatuan laut.

Selain itu, pemandangan yang paling menarik adalah adanya terumbu karang terjal vertikal yang menjulang ke bawah sedalam 25 – 50 meter. Tidak sampai di situ, mata kita akan dimanjakan dengan 91 jenis ikan yang ada di dalamnya.

Tidak heran kalau Taman Laut Bunaken menjadi salah satu destinasi bagi para wisatawan terutama para pecinta laut.

Apalagi tujuan wisata Indonesia favorit wisatawan asing ini menyediakan fasilitas untuk scuba diving dengan 20 titik penyelaman terbaik, di mana penyelam dapat kesempatan berenang di dasar laut dengan beragam biota laut yang mengagumkan.

4. Wakatobi (Sulawesi Tenggara)

Masih di Pulau Sulawesi, Taman Nasional Wakatobi juga merupakan salah satu tujuan wisata bawah laut yang populer dan mendunia.

Dengan luas mencapai 13.900 km2, tujuan wisata terkenal asal Indonesia ini memiliki tak kurang dari 112 jenis terumbu karang yang bersimbiosis dengan ikan-ikan bawah laut sehingga menciptakan panorama bawah laut yang tidak ada tandinganya.

Semuanya itu menjadikan Wakatobi sebagai salah satu surga menyelam bagi para traveler dari berbagai penjuru dunia.

Baca Juga:

5 Pakaian Adat dari Indonesia Ini Sangat Terkenal Sampai ke Manca Negara

5. Kepulauan Raja Ampat (Papua Barat)

Surga dunia di Indonesia selanjutnya adalah kepulauan Raja Ampat yang terletak di Papua Barat dengan kekayaan laut terlengkap di bumi.

Raja Ampat atau Empat Raja merupakan 4 pulau indah yang merupakan penghasil lukisan batu kuno. Empat pulau utama yang dimaksud adalah Waigeo, Salawati, Batanta, dan Misool.

Nama-nama tersebut berasal dari mitos lokal dari warga di sekitar pulau Raja Ampat. Keindahan dan kemegahan dari objek wisata populer asal Indonesia ini mampu mengundang para wisatawan dari seluruh dunia untuk datang ke sini dan merasakan pengalaman sekaligus pemandangan yang tidak akan terlupakan.

Dengan wilayah pulau mencakup hingga 4,6 juta hektar tanah dan laut, kita bisa menemukan 540 jenis karang, 1.511 spesies ikan, serta 700 jenis moluska.

Perlu diketahui Toppers, menurut laporan The Nature Conservancy and Conservation International, ada sekitar 75% spesies laut dunia yang tinggal di pulau indah dan mengagumkan.

6. Gunung Bromo (Jawa Timur)

Mungkin Toppers pernah berkunjung ke Jawa Timur tidak lengkap rasanya kalau belum menginjakkan kaki ke gunung yang satu ini, gunung apa itu ? yap benar Toppers  yaitu Gunung Bromo.

Salah satu gunung berapi yang masih aktif ini memiliki pesona khas berupa gurun pasir yang sangat luat.

Meskipun bukan salah satu gunung tertinggi di Indonesia, namun keindahan Gunung Bromo tidak ada duanya dan membuat para pengunjung dapat merasakan pemandangan yang fantastis dan spektakuler.

Wisatawan dapat berkuda dan mendaki gunung bromo untuk menikmati keindahan yang menawan saat matahari terbit dan terbenam.

Bisa menjadi pengalaman berkesan secara langsung yang tidak terlupakan lho Toppers! Dengan keindahan yang menakjubkan itu tidak heran jika objek wisata di Indonesia satu ini menjadi incaran para wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia.

7. Pulau Komodo (Nusa Tenggara Timur)

Toppers, Destinasi wisata Indonesia yang terkenal hingga mancanegara berikutnya  adalah Pulau Komodo. Pulau yang berlokasi di Kepulauan Nusa Tenggara Timur ini merupakan rumah bagi ratusan Komodo, hewan endemik yang hanya ada di Indonesia.

Selain bisa mengamati perilaku dan mengeksplorasi habitat dari hewan purba ini, Pulau Komodo juga menawarkan panorama alam yang menakjubkan.

Salah satunya adalah pantai dengan pasir berwarna merah muda yang dikenal dengan nama “Pink Beach“.

Pantai seperti ini hanya terdapat tujuh di seluruh dunia sehingga menjadikannya sebagai salah satu tujuan wisata Indonesia yang mendunia.

8. Candi Borobudur (Jawa Tengah)

Salah satu ikon wisata budaya Indonesia yang mendunia lainnya adalah Candi Borobudur. Sebagai candi Budha terbesar di dunia dengan luas tak kurang dari 123 X 123 meter, candi yang dibangun pada masa kerajaan Mataram kuno ini merupakan warisan budaya dan sejarah Indonesia yang terkenal akan arsitektur yang menajubkan.

Setiap tahunnya, tak cuma wisatawan domestik tetapi banyak juga wisatawan asing yang tertarik untuk mengamati keindahan dari Candi Borobudur.

Berbagai relief yang menceritakan mengenai berbagai ajaran dalam agama Budha dan perjalanan hidup Sidharta Gautama hingga mencapai pencerahan sempurna bisa Toppers temukan di tempat wisata favorit asal Indonesia.

Candi Borobudur sendiri memiliki total tak kurang dari 504 arca Buddha dan 2.672 panel relief pada dinding-dindingnya. Menakjubkan sekali, bukan?
jadi Toppers, yang ga sabaran buruan deh Main Kesini. supaya bisa merasakan Keindahanya secara Langsung! 

9. Tana Toraja (Sulawesi Selatan)

Indonesia memang kaya akan adat dan budaya yang sangat unik mata dunia. Salah satu destinasi wisata Indonesia yang terkenal akan kekayaan tradisi budayanya adalah  Kabupaten Tana Toraja.

Terletak di Sulawesi Selatan dikawasan pegunungan yang indah, Toppers masih bisa melihat uniknya keseharian dan tradisi masyarakat adat Tana Toraja.

Selain keindahan arsitektur tradisional rumah tongkonan, wisatawan juga bisa mengamati tradisi unik upacara kematian yang dikenal sebagai Rambu Solo yang biasanya diselenggarakan pada Juli dan Agustus

Keunikan dari tradisi ini menjadikan Tana Toraja sebagai tempat wisata asal Indonesia yang memiliki daya tarik mendunia.

Baca Juga:

9 Pesona Objek Wisata Alam Kintamani Bali

10. Gili Trawangan (NTB)

Untuk pecinta pantai, Gili Trawangan merupakan tujuan wisatawan dari seluruh dunia. Dengan kombinasi langit biru dengan semburat awan putih, jernihnya air laut dibingkai pasir putih menjadikan Gili Trawangan sebagai tujuan wisata populer baik bagi wisatawan dalam negeri maupun luar negeri.

Selain pantai dan alam bawah laut, tempat wisata Nusantara yang berada di Provinsi Nusa Tenggara Barat ini juga memiliki berbagai lansekap menakjubkan dan juga spot-spot foto yang instagramable, lho.

11. Goa Gong (Jawa Timur)

Tujuan wisata Indonesia yang mendunia selanjutnya adalah Goa Gong yang terletak di Pacitan, Jawa Timur.

Apa yang terbersit pertama kali di pikiran Toppers ketika mendengar nama Pacitan? Sebagian besar mungkin akan dengan cepat menjawab SBY, wajar saja karena kota ini merupakan tempat kelahiran presiden ke-6 Indonesia. Namun di mata para pecinta alam, hal pertama yang akan terpikirkan adalah Gua. Benar, Kota Pacitan juga terkenal dengan julukan kota 1001 gua, dan satu yang terkenal disini adalah tempat wisata Goa Gong Pacitan.

Panorama eksotik yang ditawarkan oleh objek wisata alam Indoneisa ini disebut-sebut sebagai salah satu goa terindah di Asia Tenggara.

Bertualang di Goa Gong, Toppers akan disuguhkan keeksotisan struktur stalaktit dan stalakmit yang terbentuk secara alami di Goa ini.

Meskipun tidak sepopuler tempat wisata Indonesia lainnya, Goa Gong merupakan destinasi wisata favorit bagi para traveler dunia yang berjiwa petualang.

12. Danau Kelimutu (NTT)

Selain Danau Toba, destinasi wisata danau milik Indonesia yang mendunia adalah Danau Kelimutu. Danau ini merupakan danau vulkanik yang berada di puncak Gunung Kelimutu. Untuk mencapai danau indah ini, Toppers harus melakukan hiking terlebih dahulu.Keistimewaan danau yang terletak di Pulau Flores, NTT ini adalah pemandangan danau dengan tiga warna yakni hijau, putih dan biru. Setiap tahun, danau eksotik ini selalu ramai dikunjungi wisatawan mancanegara.

Gunung Kelimutu adalah gunung berapi yang terletak di Pulau Flores, Provinsi NTT, Indonesia. Lokasi gunung ini tepatnya di Desa Pemo, Kecamatan Kelimutu, Kabupaten Ende. Gunung ini memiliki tiga buah danau kawah di puncaknya. Danau ini dikenal dengan nama Danau Tiga Warna karena memiliki tiga warna yang berbeda, yaitu merah, biru, dan putih. Walaupun begitu, warna-warna tersebut selalu berubah-ubah seiring dengan perjalanan waktu.

Kelimutu merupakan gabungan kata dari “keli” yang berarti gunung dan kata “mutu” yang berarti mendidih. Menurut kepercayaan penduduk setempat, warna-warna pada danau Kelimutu memiliki arti masing-masing dan memiliki kekuatan alam yang sangat dahsyat.

Danau atau Tiwu Kelimutu di bagi atas tiga bagian yang sesuai dengan warna – warna yang ada di dalam danau. Danau berwarna biru atau “Tiwu Nuwa Muri Koo Fai” merupakan tempat berkumpulnya jiwa-jiwa muda-mudi yang telah meninggal. Danau yang berwarna merah atau “Tiwu Ata Polo” merupakan tempat berkumpulnya jiwa-jiwa orang yang telah meninggal dan selama ia hidup selalu melakukan kejahatan/tenung. Sedangkan danau berwarna putih atau “Tiwu Ata Mbupu” merupakan tempat berkumpulnya jiwa-jiwa orang tua yang telah meninggal.

Para penduduk di sekitar Danau Kelimutu percaya, bahwa pada saat danau berubah warna, mereka harus memberikan sesajen bagi arwah orang – orang yang telah meninggal.

Luas ketiga danau itu sekitar 1.051.000 meter persegi dengan volume air 1.292 juta meter kubik. Batas antar danau adalah dinding batu sempit yang mudah longsor. Dinding ini sangat terjal dengan sudut kemiringan 70 derajat. Ketinggian dinding danau berkisar antara 50 sampai 150 meter.

13. Ngarai Sianok (Sumatra Barat)

Ngarai Sianok merupakan sebuah lembah curam (jurang) yang terletak di perbatasan kota Bukittinggi, di kecamatan IV Koto, Kabupaten Agam, Sumatra Barat. Lembah ini memanjang dan berkelok sebagai garis batas kota dari selatan ngarai Koto Gadang sampai ke nagari Sianok Anam Suku, dan berakhir di kecamatan Palupuh. Ngarai Sianok memiliki pemandangan yang sangat indah dan juga menjadi salah satu objek wisata favorit di Provinsi Sumatra Barat.

Ngarai Sianok yang dalam jurangnya sekitar 100 m ini, membentang sepanjang 15 km dengan lebar sekitar 200 m, dan merupakan bagian dari patahan yang memisahkan pulau Sumatra menjadi dua bagian memanjang (patahan Semangko). Patahan ini membentuk dinding yang curam, bahkan tegak lurus dan membentuk lembah yang hijau—hasil dari gerakan turun kulit bumi (sinklinal)—yang dialiri Batang Sianok (batang berarti sungai, dalam bahasa Minangkabau) yang airnya jernih. Di zaman kolonial Belanda, jurang ini disebut juga sebagai karbouwengat atau kerbau sanget, karena banyaknya kerbau liar yang hidup bebas di dasar ngarai ini.

Batang Sianok kini bisa diarungi dengan menggunakan kano dan kayak yang disaranai oleh suatu organisasi olahraga air “Qurays”. Rute yang ditempuh adalah dari nagari Lambah sampai jorong Sitingkai nagari Palupuh selama kira-kira 3,5 jam. Di tepiannya masih banyak dijumpai tumbuhan langka seperti rafflesia dan tumbuhan obat-obatan. Fauna yang dijumpai misalnya monyet ekor panjang, siamang, simpai, rusa, babi hutan, macan tutul, dan juga tapir. 

14. Kawah Ijen (Jawa Timur)

Dan untuk wisata indonesia yang terakhir Topppers ialah Gunung Ijen.
Gunung Ijen adalah sebuah gunung berapi yang terletak di perbatasan antara Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, Indonesia. Gunung ini memiliki ketinggian 2.386 mdpl dan terletak berdampingan dengan Gunung Merapi. Gunung Ijen terakhir meletus pada tahun 1999. Salah satu fenomena alam yang paling terkenal dari Gunung Ijen adalah blue fire di dalam kawah yang terletak di puncaknya. Pendakian gunung ini bisa dimulai dari dua tempat. Pendaki bisa berangkat dari Banyuwangi ataupun dari Bondowoso. pesona kawah Ijen yang baru-baru ini mulai terkenal sampai ke mancanegara. Salah satu daya pikatnya adalah blue fire atau pesona api biru yang menyala dari kawah Gunung Ijen.

Di dunia, fenomena blue fire hanya dapat ditemukan di dua tempat yakni di Islandia dan di Indonesia.

Menarik bukan Toppers? itulah 14 Tujuan Wisata Indonesia yang Populer di Mata Dunia jadi buruan deh tentuin mau berkunjung kemana yang pastinya di jamin ga bakal nyesel deh!