21 Destinasi Wisata di Salatiga yang Unik dan Terpopuler!

www.artjunction.org21 Destinasi Wisata di Salatiga yang Unik dan Terpopuler! Salatiga ialah sebuah Kota di Jawa Tengah, Kota ini memiliki sejuta pesona dan panaroma alam yang mengagumkan serta masih banyak yang tersembunyi, sehingga masih banyak orang yang belum mengetahui akan keindahan dan tempat keren yang ada di Salatiga tersebut. Salatiga punya banyak Spot objek wisata keren, mulai dari Situs budaya, situs bersejarah, spot foto kekinian , sampai air terjun yang sangat memanjakan mata dan harus segera kalian explore.

Jika Anda punya rencana untuk berlibur ke Salatiga, Jangan khawatir akan keindahannya, Kota ini menawarkan cukup banyak wisata pilihan untuk Anda dikunjungi. Selama ini jika Salatiga jarang terdengar tempat yang keren untuk berlibur, namun ternyata Salatiga ini juga memiliki banyak tempat-tempat wisata alam yang keren yang tak kalah dengan wisata di Semarang, Jogja ataupun kota besar lainnya.

Baiklah agar tidak panjang lebar, berikut ini Destinasi Wisata di Salatiga yang Unik dan Terpopuler bertujuan Untuk memudahkan Anda menemukan tempat wisata di Salatiga yang paling indah, Terbaru dan di rekomendasikan untuk Anda Jelajahi. Berikut kami ulas secara singkat Tempat Wisata di Salatiga dan Sekitarnya Terbaru yang harus segera Anda explore:

  1. Lapangan Pancasila

Objek wisata di Salatiga yang bisa Anda jadikan sebagai opsi ialah Lapangan Pancasila. Lokasi ini jadi salah satu tempat rekreasi keluarga yang wajib untuk dikunjungi pada kota ini. Tempatnya yang ada di pusat kota, membuat banyak orang bahkan wisatawan mudah untuk menjangkaunya. Sehingga tidak heran jika kawasan ini sering terlihat banyak dengan para pengunjung.

Lapangan Pancasila ini terkenal dengan tempatnya yang begitu sejuk dan asri. Bahkan nuansa dan udaranya sendiri begitu segar. Sehingga banyak pengunjung yang merasakan nyaman dan betah berlama- lama disini. Nantinya disini Anda pula bisa menikmati berbagai kuliner yang bisa memanjakan perut. Bahkan tempat ini kerap dipakai untuk berolahraga, pagelaran seni, dan sampai pesta rakyat.

  1. Kopeng Camping Ground

Apabila Anda sedang mencari lokasi untuk camping bersama dengan teman atau bahkan keluarga, maka bisa berusaha untuk datang pada Kopeng Camping Ground. Tempat ini jadi salah satu alternatif opsi untuk menikmati camping pada Salatiga. Nantinya Anda tak harus kesusahan dan kesulitan untuk membawa berbagai peralatan untuk camping. Dikarenakan sudah disediakan oleh pihak pengelolanya.

  1. Kopeng Paintball

Kawasan wisata ini jadi salah satu tempat yang begitu digemari oleh para pecinta permainan paintball. Untuk bisa menikmati keseruan yang dihadirkan dan merasakan sensasi tampil sembari menyelesaikan target, maka Anda wajib untuk berkunjung pada Kopeng Paintball. Ketika berlibur pada Salatiga sepertinya bakal jarang lengkap jika gagal menyempatkan saat berkunjung pada tempat ini.

Perlu diketahui bahwa tempat permainan satu ini, tak hanya bisa dimainkan oleh orang dewasa saja. Melainkan anak- anak sekalipun bisa merasakan keseruan dari wahana ini. Dari melakukan permainan ini Anda diwajibkan untuk terus berhati- hati. Urusan ini dikarenakan jika terkena tubuh bisa melukai kulit. Namun, tak perlu takut dikarenakan sudah dilengkapi dengan perlengkapan tertentu.

  1. Kopeng Treetop Adventure

Masih ada pada satu kawasan dengan Kopeng Paintball, lokasi berikutnya yang bisa Anda jadikan opsi sebagai tempat bermain ialah Kopeng Treetop Adventure. Kawasan wisata satu ini menyediakan sebuah wahana berupa permainan outbound. Yang tentunya lokasi wisata satu ini akan mengirim suatu penawaran dan pengalaman berbeda dari objek wisata pada Salatiga yang lain.

Dalam area wisata ini menawarkan beragam wahana outbound yang beragam dan tentunya begitu menyenangkan. Mulai dari adaya 88 ujian, 24 flying fox, 8 sirkuit, bahkan sampai giant tarzan jump. Lebih lagi lokasinya ada layaknya pada sebuah hutan, pastinya akan mencatatkan Anda merasa nyaman dan betah untuk berlama- lama disini. Udara dan hawa sejuknya akan membuat tubuh merasa segar.

  1. Bukit Cinta

Bukit Cinta Salatiga jadi salah satu bukti apabila di Kota Salatiga mampu berkembang jadi kota wisata yang patut Anda kunjungi bersama keluarga tercinta. Ketika berada di salah satu kota yang terdapat pada Jawa Tengah tersebut kita bakal merasakan keindahan panorama.

Dengan pemandangan yang luar biasa dan mencetak jatuh hati, Bukit Cinta jadi salah satu daya tarik buat wisatawan untuk menikmati keindahan alam setempat yang semakin hari semakin banyak pengunjungnya khususnya setelah viral di media sosial.

  1. Goa Rong View

Ternyata, terdapat wisata lain yang mampu dinikmati pengunjung ketika ada di Goa Rong View, Desa Delik, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang. Pengunjung bisa menonton goa yang dijadikan sebagai nama objek wisata ini dan goa ini jadi lokasi wisata alam.

Petugas Goa Rong View, menyatakan, konon dikabarkan dalam zaman dahulu, goa ini termasuk persembunyian Belanda. Terdapat juga yang menyebutnya sebagai goa pertapaan, di balik ke eksotisan tempat ini pula menyimpan banyak cerita.

  1. Rawa Pening

Mungkin Anda kerap mendengar namanya namun Anda belum sempat berwisata kesana, buat Anda yang berlibur ke Jawa Tengah jangan lupa mampir ke lokasi ini. Rawa Pening ialah nama dari objek wisata ini. Tempat rekreasi ini jadi sebuah primadona dan begitu favorit diantara Anda yang ada di Jawa Tengah dan sekitarnya.

Rawa pening diambil dari dua kata yaitu, rawa dan pening dan Anda pasti telah mengetahui soal rawa, kalau pening sendiri sejatinya diambil dari nama Bening. Hal tersebut bisa dilihat dari sebuah danau yang mampu dinikmati oleh Anda yang memiliki air yang demikian jernih. Danau Rawa pening berada di antara 4 kecamatan sekaligus yakni, Ambarawa, Bawen, Tuntang, Banyubiru.

Baca Juga:

13 Danau Terindah Di Indonesia Yang Wajib Kalian Datangi
  1. Atlantic Dreamland

Athlantic Dreamland jadi tempat wsata yang diminati oleh pengunjung terutama oleh warga Salatiga untuk berwisata bersama keluarga tercinta. Ini ia tempat wisata pada Salatiga yang wajib Anda kunjungi, Atlantic Dreamland merupakan tempat wisata berkonsep waterboom yang memiliki aneka wahana bermain seru.
Wahana seperti kolam renang, water toys, waterboom, water ball, jet coaster, carousel, circular track, boom boom car, game center, flying fox, ATV, dan lain sebagainya. Pada Atlantic Dreamland ini kita bisa dimanjakan dengan wahana yang lengkap intuk menambah keseruan liburan kita.

  1. Arrowhead Park

Objek wisata pada Salatiga dan sekitarnya berikutnya yang menjadi salah satu daya tarik wisatawan untuk mengunjungi Salatiga yakni Arrowhead Park. Wisata ini teradapat pada pedesaaan Tegalwaton dengan konsep yang menarik untuk berwisata.

Tempat ini begitu cocok dikunjungi oleh Anda yang mau menikmati sejuknya suasanya pedesaan khas dengan segala jenis pemandangan hijau nan rindang disekitar. Begitu cocok untuk menghilangkan kepenatan sesudah lama bekerja. Alhasil mengunjungi wisata ini, Anda akan mempunyai kualitas udara yang cukup bagus tanpa polusi.

  1. Gedung Pakuwon

Tempat wisata berikutnya yang bisa Anda kunjungi selama berada di Salatiga ialah Gedung Pakuwon. Lokasinya yang begitu strategis dan berada tepat di bagian selatan dari Lapangan Pancasila. Membuat gedung satu ini begitu mudah untuk dijangkau dan dijumpai. Sehingga tak heran jika banyak wisatawan yang berkunjung dan menyempatkan saat untuk datang di sini.

Gedung Pakuwon ini ialah saksi biru dari adanya Perjanjian Salatiga, yang mana menjadi sebuah penanda dari adanya perpecahan Kerajaan Mataram Islam menjadi tiga bagian berbeda. Akan tetapi, ketika ini kawasan gedungnya sudah mempunyai hak cipta atau hak milik pribadi seorang konglomerat. Sehingga Anda hanya bisa menikmati pemandangan gedungnya dari bagian halaman saja.

  1. Desa Wisata Tingkir

Bagi Anda orang asli Jawa Tengah jelas pernah mendengar mengenai salah satu cerita rakyat mengenai Jaka Tingkir. Tak hanya terkenal akan ceritanya saja yang telah diceritakan turun temurun yang begitu melegenda dan pada kenal oleh masyarakat.

Rupanya, desa yang bernama Tingkir Lor ini menyimpan cukup banyak potensi yang mampu digali, salah satunya dijadikan sebagai sebagai wisata budaya. Wisata yang paling menonjol pada desa ini ialah dari atraksi keseniannya yang cukup menonjol sehingga mampu jadi salah satu daya tarik wisatawan. Hingga begitu cocok apabila Anda mengajak anak- anak Anda.

  1. Candi Klero

Sejatinya begitu banyak peninggalan sejarah yang belum tereksplor dan banyak tercatat masyarakat luas. Peninggalan sejarah yang baru- baru ini banyak di kunjungi ialah Candi Klero yang belum terlalu dikenal. Nama candi ini mencerminkan letaknya yang ada pada Desa Klero, Kecamatan Tengaran, Kabupaten Semarang.

Candi ini ada di tepi timur Dusun Ngentak– Klero yang membuat kita harus jeli melihat petunjuk yang ada di pinggir jalan. Saya tahu letak candi ini memang dari papan petunjuk yang ada di pinggir jalan Salatiga– Solo.

  1. Selasar Kartini

Ketika ada di Salatiga dan Anda mau mencatatkan penat, maka wajib untuk berkunjung di kawasan wisata satu ini ialah Selasar Kartini. Lokasinya ada di dekat Perpustakaan Kota Salatiga, yang mana terkenal begitu strategis. Sehingga tak heran, jika banyak pengunjung atau wisatawan yang datang dan menghabiskan saat hanya sekedar untuk duduk rileks di halaman bangunan ini.

Ketika Anda ada disini, maka bisa menikmati seluruh jenis makanan khas Salatiga. Bahkan pada pinggiran kawasan ini ada banyak dagangan yang menjual beragam jajanan atau camilan ringan. Selain itu, tempat wisata ini menawarkan beragam wahana permainan yang bisa Anda nikmati. Mulai dari skateboard atau sepatu roda bahkan terdapat sejumlah boneka yang akan menyambut Anda.

  1. Pemandian Alam Muncul

Wisata Salatiga dan sekitarnya yang siap memanjakan mata dan tubuh Anda berikutnya yakni Pemandian Alam Muncul. Destinasi Wisata pada Salatiga yang satu ini ada pada desa Muncul tepat dengan namanya. Wisata ini menyediakan Anda mandi dan menikmati segarnya air sekaligus sejuknya udara disekitar kolam pemandian.

Pemandian ini mempunyai luas sekitar 20×40 meter bahkan, dalam pemandian tersebut, Anda mampu melihat beragam ikan. Disekitar objek wisata juga ada sejumlah kios souvenir, sehingga Anda tak perlu jauh- jauh untuk membeli oleh- oleh serta souvenir untuk keluarga dan kerabat Anda.

Baca Juga:

14 Objek Wisata di Indonesia Terkenal hingga ke Mancanegara!
  1. Monumen Palagan Ambarawa

Destinasi wisata terakhir yang bisa Anda kunjungi sejauh ada pada Salatiga ialah Monumen Palagan Ambarawa. Seperti yang sudah diketahui bahwa kawasan ini jadi ajang untuk pertempuran hebat antara rakyat Indonesia dengan sekutu. Untuk mengenang jasa para rakyat Indonesia, maka terciptalah monumen satu ini. Tempat satu ini sangat cocok bagi Anda yang menyukai wisata sejarah.

  1. Pohon Pengantin

Apabila kamu ada rencana main ke Semarang atau Solo, jangan lupa mampir ke Kota Salatiga. Terletak pada antara dua kota besar tersebut, Salatiga memiliki satu spot wisata alam yang unik banget, Pohon Pengantin. Terletak di Pulutan, Sidorejo, Pohon Pengantin digadang- gadang sebagai simbol cinta abadi oleh para warga sekitar ataupun wisatawan.

Konon, menurut kisah yang beredar pada masyarakat sekitar, pohon ini termasuk jelmaan pengantin yang memiliki mimpi untuk saling mencinta selamanya. Akan tetapi, terdapat pula yang menyebut ujar pengantin berasal dari fakta kalau pohon ini kerap dijadikan sebagai spot foto pre- wedding. Yang tentu, pohon ini bisa menarik minta wisatawan yang berasal dari Jawa Tengah dan sekitarnya.

17.Kolam Renang Kalitaman

Destinasi wisata pertama yang terdapat pada Salatiga ialah Kolam Renang Kalitaman. Lokasi wisata satu ini termasuk salah satu opsi tempat berwisata dan berlibur, yang mana telah begitu terkenal di kalangan para wisatawan mulai dari dalam sampai luar daerahnya. Umumnya, tempat berwisata satu ini lebih dikenal oleh warga atau masyarakat sekitar dengan sebutan Kolam Renang Kali Gedong.

Ketika berkunjung ke tempat ini, nantinya Anda bisa merasakan dan menikmati beragam fasilitas dan wahana yang sudah disediakan. Untuk kolam renang yang ada di kawasan ini, terdiri dari 3 bagian. Mulai dari kolam renang dewasa, kolam renang anak, dan kolam bersantai yang bisa digunakan untuk duduk. Tak heran, jika objek wisata ini selalu nampak banyak pengunjung terlebih ketika liburan.

  1. Prasasti Plumpungan

Wisata Budaya Prasasti Plumpungan di Sidorejo Salatiga Jawa Tengah ialah salah satu tempatwisata yang ada di desa Sidorejo, kabupaten Salatiga. Tempat wisata ini bernilai edukasi yang banyak dengan wisatawan pada hari biasa ataupun hari liburan dan biasanya para pelajar datng berkunjung.

Wisata Budaya Prasasti Plumpungan pada Sidorejo Salatiga Jawa Tengah mempunyai Keindahan Wisata Budaya yang apik untuk dipelajari. Pada Wisata Prasasti yang bersejarah ini kita mampu berkesempatan untuk tahu lebih banyak soal asal usul Prasasti Plumpungan.

  1. Kandhang Galeri

Tertarik untuk berkunjung pada tempat yang penuh dengan karya seni? Anda bisa mengunjungi salah satu tempat pada Salatiga yaitu Kandhang Galeri. Jadi sebuah tempat yang menyimpan beragam karya dari IGN, bahkan tempat ini digagas oleh seorang Bapak Bambang Priyanto. Dalam bangunan sederhana ini, Anda bisa menjumpai beragam sketsa, lukisan, patung, drawing, dan barang antik peninggalan.

  1. Air Terjun Umbul Songo

Tempat wisata ini sejatinya tak berada persis pada Salatiga, namun lebih tepatnya pada Desa Kopeng, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang. Walau demikian, tempat wisata ini tak terlalu jauh dari Salatiga, jarang lebih sekitar 15 km dari Kota Salatiga.

Panorama yang tersaji sangatlah mempesona, tak sekadar menyenangkan namun pula menenangkan mengingat udaranya sejuk dan segar. Air Terjun Umbul Songo mempunyai ketinggian jarang lebih 15 meter Sayangnya untuk menyambut lokasi cenderung cukup sulit dan harus berjalan kaki cukup jauh.

  1. Gunung Merbabu

Gunung ini cukup terkenal dan mungkin kita kerap mendengaar namanya dan gunung ini termasuk salah satu destinasi wisata utama salahtiga. Dengan ketinggian jarang lebih 3. 000 meter, gunung ini tak hanya‘ gagah’ namun pula indah. Tak heran apabila banyak pendaki yang selalu mau mengulang petualangan menaklukkan gunung ini sehingga kita mampu menikmati saat ada di puncak gunung.

Anda mampu melihat keindahan Kota Salatiga, danau Rawa Pening, Ungaran, juga Semarang, pada bagian selatan, keindahan lain pula menanti yaitu panorama Gunung Merapi. Keindahan alam di Gunung Merbabu yang terkenal ini memang patut untuk di eksplore keberadaannya.

Itulah tempat wisata terpopular di Salatiga yang bisa Anda jadikan referensi untuk aktivitas liburan berikutnya. Temukan tempat yang pas untuk memperoleh liburan yang berkesan bersama orang tercinta.