21 Objek Wisata Air Terjun di Bali

www.artjunction.org21 Objek Wisata Air Terjun di Bali. Di dalam thread ini kami coba menuangkan dalam Objek Wisata Air terjun bali yang indah di Pulau Bali. 

Terbagi dalam 21 Air Terjun di Bali yang indah dan mempesona.

Tentunya sudah umum bagi Wisatawan Asing maupun Domestik jika menyebut Air Terjun di Bali pasti jawabannya “Air Terjun Git-Git”, Bukan?

Objek Wisata Air terjun Bali Gitgit adalah salah satu tujuan wisata terkenal di Bali yang terletak di desa Gitgit, Kecamatan Sukasada.

Sekitar 10 Km dari kota Singaraja atau sekitar 70 Km dari Denpasar. Terletak di dataran tinggi sekitar 300 meter di atas permukaan laut.

Anggapan yang salah jika pulau bali hanya memiliki gitgit saja.

Kami telah coba telusuri dan ringkas indah dan mempesona dalam infographic sebagai berikut.

Tips saat Mengunjungi Air Terjun

Tapi alangkah baiknya memperhatikan tips di bawah ini dulu sebelum menjelajah air terjun yang akan anda kunjungi.

Tips saat mengunjungi

  • Jangan lupakan tripod! Tidak peduli jenis apa kamera yang Anda memiliki, dengan tripod tentu anda ingin mendapatkan hasil gambar yang maksimal. Pasang pada sesuatu/permukaan yang kokoh dan datar.
  • Anda tidak perlu kamera super mewah, tetapi jika Anda ingin sesuatu hasil yang memungkinkan Anda untuk bermain-main sedikit dengan paparan. Menggunakan aperture prioritas atau manual eksposur, menggunakan f-stop benar-benar tinggi, seperti f16 atau lebih tinggi, dan itu akan membuat rana kamera Anda untuk mengungkapkan lebih banyak images. Tip lain adalah untuk menjaga sensitivitas ISO Anda serendah kamera Anda memungkinkan, seperti sekitar 100. Karena pemaparan panjang ini, spons dengan berpegangan tangan pada kamera Anda hanya akan tidak stabil. Maka rekomendasi untuk menggunakan tripod.
  • Berpakaian dengan tepat serta santai! Seperti akan memasuki hutan (sebab air terjun pasti ada dalam hutan), ingat bawa minyak telon dan angina tau anti serangga. Sebab akan banyak serangga atau nyamuk (bawa juga autan).
  • Bawa juga pakaian renang! Siapa tau sekali-kali anda ingin berenang.
  • Pastikan memberikabar keluarga atau sahabat tahu kemana anda pergi, entah dengan cara post/eksis di facebook, instagram dll nya.
  • Pastikan anda datang di cuaca yang tepat jangan kunjungi Air Terjun pas saat musim penghujan sebab di khawatirkan terjadi banjir bah.

Baca Juga:

6 Wisata Pantai di Bali dan 10 Aktifitas Wiasata Anak

21 Wisata Air Terjun yang Direkomendasikan

 1. Tegenungan

Objek Wisata air terjun bali Tegenungan adalah salah satu air terjun terindah yang tersembunyi di desa Ubud, lokasi persis berada di Desa Tegenungan Kemenuh, daerah Sukawati, kabupaten Gianyar.

Air terjun ini tidak terlalu tinggi dengan ketinggiannya hanya sekitar 15 meter, sehingga nyaman dan aman buat anda.

Untuk menuju air terjun ini ditempuh jarak sekitar 16 km dari kota Dempasar atau butuh 30 menit ditempuh dengan kendaraan pribadi.

Apakah anda suka tantangan melompat (Cliff Jump) tepat ke dasar air terjun, tapi tetap anda harus memperhitungkan keselamatan dan tentunya dilakukan hanya yang sudah ahli.

Objek Wisata Air terjun Bali Tegenungan unik karena sekitarnya air terjun tumbuh tubuhan hijau subur.

Begitupun dengan aliran sungainya, air-nya yang deras sempurna untuk berenang dan menikmati tubing/berseluncur air tawar.

Terdapat Pura Suci didekat permandinya, Pura tersebut sangat populer di kalangan penduduk setempat yang mencari ketenangan dan bermeditasi.

2. Air Terjun Dusun Kuning

Air Terjun Dusun Kuning terletak di Desa Taman Bali – Bangli. Untuk menuju kesana bisa dengan berbagai sarana transportasi.

Waktu tempuh dari Kota Denpasar satu jam perjalanan menuju lokasi.

Mengarah kendaraan anda menuju ke kota Bangli baik lewat tohpati atau melewati Jalan by pass baru Ida Bagus Mantra.

Sekitar 3 km lagi dari pusat Kota bangli menuju Kawasan Wisata Taman Bali dan disanalah lokasi dimana anda akan lebih mudah dijumpai Air terjun ini.

Anda dapat menanyakan kepada penduduk lokal setempat atau mengikuti arah petunjuk plang nama ke Air Terjun tersebut.

Dari Lokasi parkiran anda harus berjalan kaki menuruni  lokasi air terjun yang jaraknya kira-kira 300 meter untuk sampai ke spot air terjun tersebut.

Namun anda tidak akan merasa lelah sebab selama menelusuri jalan kecil tersebut anda akan di suguhi pemandangan perkebunan cengkih dan hijau asri alam pulau bali.

Lokasi wisata air terjun ini memang tidak banyak pengunjungnya, ke alamian dan daya tarik Objek Wisata Air Terjun Bali Dusun Kuning ini sungguh menajubkan.

Mungkin karena lokasi yang memang cukup tersembunyi membuatnya menjadi kurang dikenal oleh para wisatawan dari luar atau dalam negeri.

Selain itu serunya di tempat ini anda pun akan menjumpai begitu banyak kera disini.

Alangkah baiknya jika Anda berwisata ke sini sambil membawa cemilan atau kacang ya traveler!! untuk memberi makan kepada kera-kera tersebut.

3.  Air Terjun Gitgit

Air terjun ini ada di desa Gunung Luwih Gitgit, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali. Untuk hingga kelokasinya bisa dilakukan dengan mudah karena telah difasilitasi dengan jalan raya yang menghubungkan Bedugul, Denpasar dan Singaraja.

Hal yang menarik di air terjun ini adalah ketinggiannya yang mencapai 35 meter dan sejarahnya yang sangat terkenal. Tempat wisata ini begitu aami dan tenang alhasil banyak yang menghabiskan waktu disana untuk berefreshing.

4.  Air Terjun Yeh Mampeh

Apabila Anda mencari air terjun di sekitar Buleleng Bali, Anda dpat mengunjungi air terjun Yeh Mampeh. Letaknya terdapat di Desa Les, Kecamatan Tejakula, Kabupaten Buleleng, Provinsi Bali. Sesuatu yang begitu menarik perhatian ialah air terjun ini memiliki 3 tingkatan yang mempesona.

Hal ini terjadi mengingat ada di daerah dataran tinggi dan perbukitan yang ketinggian air terjunnya kurang lebih 20 meter. Di tingkat ke 3biasanya para wisatawan menghabiskan waktu menikmati pemandangan mengingat bila akan menuju ke 2 lokasi diatasnya medannya cukup sulit dan menantang.

5.  Air Terjun Bertingkat

Wisata populer di Bali yang yang lain ialah air terjun Bertingkat yang berlokasi di desa Gitgit, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Provinsi Bali. Air terjun ini menyusul 3 tingkatan bauan sehingga nampak begitu menakjubkan.

Disini para pengunjung berkesempatan mendaki ke teras bebatuannya dan tak hanya melihat keindahan dari kejauhan. Salah satu alasan mengapa tempat ini disukai banyak pengunjung ialah mengingat airnya yang jernih dan bersih alhasil bisa digunakan untuk berenang.

6.  Air Terjun Campuhan

Lokasi air terjun ini berada di Desa Gitgit, Kecamatan Buleleng, Kabupaten Buleleng, Provinsi Bali. Yang menarik dari air terjun Campuhan ini adlah karena airnya berasal dari 3 mata air dari 2 anak sungai alhasil orang menamainya dengan Campuhan dari bahasa Bali yang berarti campuran. Udara yang sejuk berpadu dengan pepohonan yang rimbun membuat suasananya begitu asri.

7.  Air Terjun Colek Pamor

Tempat wisata populer di Bali yang yang lain ialah air terjun Colek Pamor yang terletak di Gitgit, Kecamatan Buleleng, Kabupaten Buleleng, Provinsi Bali. Dengan lokasinya yang tersembunyi, Anda harus berjalan cukup jauh untuk menikmati keindahannya.

Akan tetapi seluruh pengorbanan itu terbayar ketika Anda sudah melihat keindahan air terjun dengan ketinggian 20 meter. Banyak sekali para pecinta alam yang hoby tracking memilihnya sebagai destinasi favorit.

8.  Air Terjun Sekumpul

Di desa Tejakula, Lemukih, Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng

terdapat wisata populer di Bali yakni air terjun Sekumpul. Air terjun ini mempunyai keunikan yakni mengingat letaknya yang berjauhan akan tetapi berkumpul dan berdekatan sehingga dikenal dengan air terjun Sekumpul.

Disinilah para wisatawan banyak menghabiskan waktunya untuk menikmati pemandangan alam yang menakjubkan. Karena berasal dari sungai dan mata air, air yang keluar juga terkadang berbeda. Yang satunya akan terlihat bening dan yang satunya lagi terlihat keruh.

9.  Air Terjun Aling – Aling

Air terjun ini terletak di Jalan Raya Desa Sambangan, Sambangan, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali. Ketinggian airnya mencapai 35 meter dan yang menakjubkan ialah airnya yang jatuh terpencar jadi 2 dan saling berdampingan.

Kesegaran udaranya dan lingkungannya yang masih asri membuat tempat ini jadi destinasi wisata populer di Bali. Semuanya berpadu sempurna dengan tebing berbatu yang curam sekaligus tumbuhan hijau. Disini pengunjung pula mampu berenang di kolam dengan kedalaman 4 m.

Baca Juga:

9 Pesona Objek Wisata Alam Kintamani Bali

10.  Air Terjun Munduk

Air terjun Munduk ada di Gobleg, Banyuatis, Banjar, Gobleg, Buleleng, Kabupaten Buleleng, Bali. Suasananya yang tenang dan asri membuat para pengunjung menjadikannya sebagai wisata populer di Bali.

Para wisatawan yang berlabuh ke tempat ini biasanya menghabiskan waktu dengan berenang dan menikmati pemandngan alam. Udara yang segar dan air yang jernih akan jadi media yang paling tepat untuk refreshing.

11.  Air Terjun Jembong Ambengan

Air terjun ini memiliki kemiringan kurang lebih 75 derajat sehingga dianggap unik dan menjadi wisata populer di Bali. lokasinya berada di desa Ambengan, kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Provinsi Bali. Di tempat ini air terjunnya landai dan di kelilingi oleh perkebunan coklat. Dengan kedlaman air terjun 1 meter, airnya begitu jernih dan mampu digunakan untuk berenang.

12.  Air Terjun Banyumala

Air terjun yang indah dan dijadikan wisata populer di Bali selanjutnya adalah air terjun Banyumala. Letaknya berada di Desa Pakraman Wanagiri, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali. Pemandangannya begitu eksotis dan cocok dijadikan tempat rileksasi dan menenagkan diri mengusir kejenuhan dari rutinitas yang melelahkan.

Sejuknya udara ditemani dengan suara gemericik air menambah suasana menjadi sempurna. semuanya berpadu menjadi kesatuan yang harmonis dan menenagkan pikiran. Selain itu Anda juga bisa berenang dan bermain air di lokasi ini untuk menghabiskan waktu.

13.  Air Terjun Carat

Letaknya ada di Desa Pakraman Wanagiri, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali. Pemandangannya sangat eksotis dan cocok dijAir terjun ini ada di Desa Tamblang, Kecamatan Kubutambahan, kabupaten Buleleng, Bali. Daya tarik yang utama ialah adanya air terjun yang letaknya berdampingan meskipun ketinggiannya berbeda. Keduanya mempunyai ketinggian yang berbeda jauh karena yang utama ketinggiannya 100 meter dan yang satunya 15 meter. Lokasi ini masih begitu asri dengan suasana yang sepi dan menenagkan.

Daya tarik yang lain ialah karena adanya kolam di bawahnya dengan air yang jernih cocok untuk berenang. Anda pasti akan mendapatkan sensasi yang menyegarkan dengan airnya yang dingin. Akan tetapi Anda juga terpaksa mempertahankan tingkah laku sejauh ada di sana mengingat lokasi ini dikenal cukup angker.

14.  Air Terjun Melanting

Air terjun ini tingginya 20 meter dengan keindahannya yang memukau setiap wisatawan sehingga tak heran jika dijadikan sebagai wisata populer di Bali. Lokasinya ada di Desa Gobleg, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng, Provinsi Bali. Air terjun ini cukup unik mengingat letaknya ada di tengah ladang kopi dan cengkeh penduduk. Dari kejauhan Anda pula sudah bisa mendengar suara gemuruh dari air terjun ini.

15.  Air Terjun Tembok Barak

Jika Anda ingin air terjun yang lokasinya tersembunyi, Anda bisa berkunjung ke tempat ini. lokasinya ada di Gang Cengkeh, Sambangan, Sukasada, Sambangan, Kec. Buleleng, Kabupaten Buleleng, Bali. Nama Barak dari air terjun ini artinya warna merah karena tembok dari air terjun ini jika dilihat dari dekat berwarna merah. Tempat ini cocok digunakan sebagai wahana tracking karena rutenya harus menyusuri persawahan dan hutan.

16.  Air Terjun Cinta

Dari namanya saja telah terdengar menarik ya? Jangan heran jika air terjun Cinta ini jadi tempat wisata populer di Bali yang instagramable mengingat banyak spot untuk berfoto. Letaknya ada di Jalan Raya Wanagiri, Wanagiri, Sukasada, Wanagiri, Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali.

Pemandangan alamnya yang indah ditambah udara yang sejuk membuat para wisatawan selalu mau mengunjunginya. Aksesnya juga cukup mudah dan cocok untuk wisata keluarga.

17.  Kroya Waterfall

Lokasi air terjun ini ialah di Desa Sambangan, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Provinsi Bali. Tempat ini jadi wisata populer di Bali mengingat keunikan air terjunnya yakni 1 air terjun terdiri dari 7 air terjun yang lain. Hal mengasyikkan yang mampu dijalani para wisatawan di sini ialah bermain prosotan di aliran air terjun yang tentu saja akan begitu mengasyikkan. 

18.  Air Terjun Sing Sing

Wisata populer di Bali berikutnya ialah air terjun Sing Sing ayng berlokasi di Banjar Labuhan Haji, Desa Temukus, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng, Propinsi Bali. Ketinggian air terjun ini ialah 12 meter dan mempunyai kolam dengan dari 3 meter. Di dekat air terjun ini terdapat pula air terjun lain yang lebih tinggi dan bernama air terjun Sing Sing Dua.

Akses ke air terjun kedua ini cukup sulit mengingat harus mendaki menyusuri tebing dan air terjun pertama. Ketinggiannya mencapai 24 meter, dua kali lebih tinggi dari yang pertama dan mempunyai kolam sedalam 5 meter. Pemandangan eksotis yang mengagumkan dari tempat ini ialah adanya batu besar di tengah yang memecah air terjun menjadi dua.

19.  Air Terjun Mekalangan

Air terjun ini letaknya di di Desa Gitgit, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Propinsi Bali. Yang menjadikannya sebagai wisata populer di Bali ialah ketinggiannya yang mencapai 40 meter dan alamnya yang masih asri. Air terjun ini masih berhubungan dengan air terjun campuhan.

20.  Air Terjun Lemukih

Air terjun ini unik dan menjadi wisata populer di Bali mengingat memiliki 3 air terjun yang terletak dari satu lokasi. Alamat air terjun ini di Desa Lemukih, Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng, Provinsi Bali. Tinggi air terjunnya hanya 4 mater tetapi mempunyai kolam yang cukup luas dan cocok digunakan sebagai tempat berenang.

21.  Air Terjun Kanto Lampo

Beberapa dari Anda pasti sudah tak asing dengan nama air terjun Kanto Lampo. Letaknya terdapat di Banjar Kelod Kangin, Kelurahan Beng, Kecamatan Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali. Tempat ini begitu unik dan hits buat banyak orang dan jadi wisata populer di Bali.

Air terjun yang jatuh dari tempat ini tak langsung ke dasar sungai karena berjatuhan di bebatuan hitam yang menciptakan cipratan air di seluruh sisinya. Ketinggiannya ialah 25 meter dan disana Anda bisa puas berenang serta berdiri di batu batas.