9 Pesona Objek Wisata Alam Kintamani Bali

www.artjunction.org9 Pesona Objek Wisata Alam Kintamani Bali. Kintamani merupakan highlight wisata di pulau bali, wisata kintamani bali selalu ramai di kunjungi wisatawan lokal maupun manca negara.

Wisata Kintamani Bali

Kintamani ialah sebuah kecamatan yang ada di Kabupaten Bangli, Provinsi Bali, Indonesia. Kintamani juga merupakan kawasan wisata pemandangan pesona alam di Bali, Indonesia.

Objek Wisata Kintamani Bali merupakan salah satu dari sekian Daftar Objek Wisata di Bali dan merupakan highlight wisata yang terkenal di dunia, daya tarik utama objek wisata ini terletak pada pesona alam pemandangan Gunung Batur, Danau Baturnya dan masih banyak lainnya.

Pemandangan dan kenikmatan alam merupakan aktivitas yang disukai wisatawan saat berada pulau bali, baik wisatawan lokal maupun asing untuk mengekplor keindahan pesona dan kekayaan wisata alam kintamani.

Pasti ada pertanyaan “Apa sih.. yang menarik dari Kintamani Bali?”.

jika dibenar anda memiliki pertanyaan tersebut, tentunya hal itu wajar sebab ada pepatah bilang “Tak kenal maka tak sayang”.

Dalam halaman ini yuk kita cari tahu apa yang menarik dari ? Sebelumnya yuk kita sepakat dulu bersama bahwa Keramahan lokal dari penduduk Bali itu sendiri yang membuat banyak orang ingin pergi kembali ke Pulau sejuta pura dan daya tarik ini.

Hal ini tidak terlepas demikian pula pada kintamani, masyarakat lokal kintamani selalu menyambut wisatawan dengan ramah.

Seakan mereka paham betul ini adalah modal paling utama yang membuat orang akan terkesan setelah kira-kira 2 jam perjalanan dari Kota Denpasar untuk sampai di kawasan wisata kintamani.

Ditempuh dengan jarak 68 kilometer dari denpasar atau kuta. Kintamani memiliki pemandangan kawasan pegunungan yang berada di ketinggian 1.500 m dari permukaan laut.

Baca Juga:

21 Objek Wisata Air Terjun di Bali

Adapun yang akan kami bahas kali ini adalah 9 Objek Pesona Wisata Alam Kintamani yang menjadi favorit dan anti mainstream wisatawan ketika mengunjungi Kintamani adalah sebagai berikut;

9 Tempat Wisata Kintamani Bali

  1. Danau Batur

Danau Batur ini berada di Desa Penelokan Utara berjarak 10 km atau 25 menit menurun dari Penelokan atas yang biasa menjadi tempat wisata kintamani bali atau stop point-makan siang wisatawan (Restaurant: Lake view– Grand Pancasari2 dan lainnya). Berada di lereng Gunung Batur danau ini berbentuk bulan sabit jika di lihat dari ketinggian.

Kaldera aktif danau batur

Memiliki kaldera aktif yang terindah di dunia, dengan luasan mencapai 16, 6 kilometer persegi.

Danau Batur Kintamani merupakan danau terbesar yang terdapat di pulau Bali dan danau kaldera terluas kedua di Indonesia setelah Danau Toba di Sumatera Utara.

Kaldera batur berbentuk bulan sabit ini terbentuk oleh serangkaian letusan dahsyat dan letusan itu turut membentuk semua landscape Pulau Bali.

Letusan Gunung Batur pertama yang diperkirakan terjadi sekitar 29. 300 tahun kemudian diawali dengan muntahan 84 kilometer kubik ignimbrit( material vulkanik).

Letaknya di kaki gunung membuat danau ini terlihat indah berhiaskan kabut. Danau Batur juga sering disebut sebagai kaldera terindah oleh wisatawan mancanegara.

Asyiknya lagi, kamu mampu menjalani aktivitas di danaunya, lho. Sewalah perahu untuk menjelajah danau sampai puas. Ada juga perahu angsa yang bisa dinaiki dua orang, makin seru, deh.

  • Lokasi: Desa Penelokan Utara, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali
  • Jam operasional: setiap hari 24 jam
  • Harga: Rp15 ribu

Warna Air Danau Batur

Tahukah anda warna air yang ada di Danau Batur Kintamani ini bisa berubah ubah? Perubahan warna tersebut dipengaruhi oleh senyawa belerang yang terdapat di dasarnya sehingga terkadang nampak kebiruan kemudian berubah jadi hijau kekuningan.

Sebagian besar wisatawan yang berkunjung ke Kintamani pastinya hanya bisa melihat pemandangan danau dari ketinggian atau dari restoran yang berada di desa penelokan tadi. Akan tetapi ada juga wisatawan asing maupun lokal yang ingin berkeliling di tengah danau Batur dengan menyewa perahu, pemotretan foto pre wedding atau mengunjungi desa trunyan.

  1. Gunung Batur

Tadi kita telah membicarakan soal Danau Batur dari Wisata Kintamani Bali yang terbentuk akibat letusan Gunung Batur. Dan kali ini kita akan membahas Gunung batur itu sendiri. Mendaki gunung jadi salah satu aktivitas seru ketika liburan.

Gunung Batur termasuk sebuah gunung berapi aktif di Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali, Indonesia. Terletak di barat laut Gunung Agung, gunung ini memiliki kaldera berukuran 13, 8 x 10 km. Pematang kaldera tingginya berkisar antara 1267 m– 2152 m( puncak G. Abang).

Gunung Batur diketahui sudah meletus sebanyak 26 kali dan paling dahsyat terjadi tanggal 2 Agustus dan berakhir 21 September 1926.

Letusan Gunung Batur itu membuat aliran lahar panas menimbun Desa Batur dan Pura Ulun Danu Batur.

Konon menurut cerita dari Lontar Susana Bali, gunung batur merupakan puncak dari Gunung Mahameru yang dipindahkan Sang Batara Pasupati untuik dijadikan Sthana Betari Danuh( istana Dewi Danu).

Tidak menepis kemungkinan itulah yang membuat Gunung Batur mempunyai sejuta pesona keindahan.

Gunung Batur biasanya kerap digunakan sebagai tempat hiking untuk para pendaki gunung batur yang ingin merasakan dan melihat keindahan matahari terbitnya di ketinggian 1. 717 meter dari permukaan laut.

Begitu juga dengan hamparan bebatuan hitam bekas letusannya pun sangat begitu menarik dijadikan sebagai lokasi pemotretan foto pre wedding.

Gunung Batur yang termasuk gunung bergengsi kedua di Bali. Pemandangan yang disuguhkan indahnya bukan main.

Durasi mendaki Gunung Batur dalam umumnya sekitar 2- 3 jam. Pastikan kamu mempersiapkan pendakian dengan matang dan bawalah barang- barang yang sesuai.

  • Lokasi: Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali
  • Jam operasional: setiap hari 24 jam
  • Harga: Rp25 ribu
  1. Desa Trunyan

Dari Halaman Wisata Kintamani Bali selanjutnya ialah Desa Trunyan terletak di pinggiran Danau Batur atau di Barat kaki Bukit Abang di Kintamani.

Desa Trunyan ialah salah satu destinasi Wisata di Bali yang begitu unik, desa trunyan ialah sebuah desa yang ditinggali oleh penduduk asli pulau Bali yang biasa disebut dari“ Bali Aga” dengan aspek keunikan budayanya.

Arti nama dari Desa Trunyan dibagi menjadi dalam dua yakni“ Taru” dan“ Menyan”. Taru ialah“ Pohon” atau Tumbuhan kehidupan sementara Menyan termasuk” wewangian”.

Menjadi, arti ujar Trunyan ialah wewangian yang harum yang keluar dari pohon taru dan keberadaan pohon tarunyan disanalah yang menetralisir bau busuk yang ditimbulkan dari mayat dan jadi daya tarik wisatawan.

Desa yang ada di sebelah timur Danau Batur ini menjadi lokasi paling sesuai belajat tradisi Bali. Pasalnya, Desa Trunyan ialah tempat pemakaman yang prosesnya gagal dibakar tepat adat Bali.

Kuburan di Desa Trunyan – Wisata Kintamani Bali

Keunik dari Desa ini ialah cara penguburan mayatnya yang sama sekali tak dikubur melainkan di baringkan atau diletakkan di bawah pohon telak bernama taru menyan tadi.

Desa trunyan ini terdapat 3 tempat prosesi penguburan menurut tiga macam kematian yang berbeda. Kematian secara wajar, tak wajar dan penguburan bayi dan anak kecil.

Sementara untuk warga yang telah dewasa namun belum menikah, bakal diletakan di Sema Belia( Rumah Miarta Yasa).

Walau mampu dibilang objek wisata kintamani bali trunyan ini sedikit menyeramkan namun banyak wisatawan yang berkunjung kesana baik wisatawan lokal ataupun mancanegara. di karenakan daya tarik tersebut.

  • Lokasi: Desa Trunyan, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali
  • Jam operasional: setiap hari pukul 06. 00- 17. 00 WIB
  • Harga tiket perahu untuk menyeberang:
    • 7 orang: Rp1, 2 juta
    • 4 orang: Rp1, 1 juta
    • 2 orang: Rp900 ribu
  1. Toya Bungkah

Wisata permandian air panas

Objek Wisata Kintamani Bali Toya Bungkah ialah tempat pemandian air hangat/ panas.

Objek Wisata Toya Bungkah ini sudah dikelola oleh Desa Pekraman Batur yang lantas diberi nama Batur Natural Hot Spring.

Di objek wisata ini pengunjung mampu menikmati sensasi berendam dan mandi di pancuran air panas yang bersuhu antara 29 s/ d 39 derajat celcius.

Toya Bungkah kintamani ini anda bisa melihat pemandangan danau batur lebih dekat dengan hamparan air danau yang biry sesuai di depan mata anda.

Batur Natural Hot Spring jadi salah satu tempat wisata pemandian air panah yang memadai populer di pulau Dewata Bali. Benar- benar ada beberapa pemandian air panas di Bali, serta menyediakan sebuah pemandangan indah yang memanjakan dan memikat mata pengunjungnya, selain mampu menyegarkan badan pula menyegarkan pikiran anda, mencatatkan segala penat, menenggelamkan kejenuhan, akanmeningkatkan kesegaran tubuh untuk aktifitas selanjutnya.

Permandian Toya Bungkah Kintamani terdapat 4 jenis kolam yaitu :

  • Kolam air panas diperuntukan untuk anak-anak dengan kedalaman kolam tidak lebih dari 80 cm.
  • Kolam Natural Therapy Hot Spring Water atau kolam mini untuk terapi air panas. Di kolam ini tersedia pancuran air panas dengan suhu air sekitar 38° – 40° Celcius. Anda dapat memposisikan diri terhadap jatuhnya pancuran air panas dibagian tubuh anda.
  • Kolam Floating Sunburn diperuntukan bagi anda yang suka berendam sambil berjemur maka kolam Floating Sunburn ini biasanya digemari wisatawan asing.
  • Dan yang terakhir Kolam Umum untuk Berenang.

Baca Juga:

16 Gunung dengan Panorama Alam Terindah di Indonesia
  1. Pura Ulun Danu Batur

Di pinggir Danau Batur ada sebuah pura megah yang eksotis. Pura Ulun Danu Batur ini sangar istimewa jadi sayang untuk dilewatkan, karena pura ini jadi salah satu yang terpenting di Bali.

Meskipun sempat hancur karena letusan Gunung Batur pada 1926, keindahan pura ini masih terlihat amat menawan. Apalagi lokasinya yang berdekatan dengan danau, pemandangannya pun kian memesona.

  • Lokasi: Desa Penelokan Utara, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali
  • Jam operasional: setiap hari pukul 09.00-17.00 WIB
  • Harga: Rp25 ribu

Apabila kita mencari Pura Ulun Danu di google map dengan mengetikkan kata kunci“ Pura Ulun Danu” maka anda akan mendapati dua tempat yang berbeda di hasil pencarian.

Pertama traveler bakal mendapatkan Pura ulun danu yang terletak di dekat danau beratan kecamatan baturiti tabanan. Dan yang Ke- dua Pura ulun danu yang terletak di dekat danau batur daerah kintamani.

Iya, benar- benar namanya sama- sama mirip yang memiliki arti“ pura yang terletak di sebelah hulu danau”.

Akan tetapi tempat dan lokasinya ke- dua pura ini berbeda satu dan lainnya. Pura Ulun Danu Batur letaknya tak sesuai di pinggiran danau layaknya Pura Ulun Danu di Beratan.

Akan tetapi dari pura ini pun anda masih mampu melihat indahnya danau batur dan gunung batur sekaligus.

Ulun Danu Batur Temple

Sebelah utara dari kintamani penelokan, berlokasi di desa kalanganyar kecamatan kintamani bangli atau tepatnya di pinggir jalan rute singaraja ke denpasar.

Dulunya pura ini terletak di lereng barat daya gunung batur namun sesudah bencana gunung batur meletus di tahun 1917 mengakibatkan areal pura itu hancur.

Akan tetapi masih ada satu buah pelinggih yang tetap berdiri kokoh menjulang keatas sampai sekarang.

Wisatawan yang gemar dengan objek- objek wisata seni arsitektur bernilai sejarah akan merasa senang ada di pura tempat suci umat hindu bali ini.

Demikian ulasan kami di Halaman Wisata Kintamani Bali ini, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda untuk memilih alternative objek wisata yang ada di kintamani bali ini.

  1. Desa Pinggan

Desa Pinggan merupakan salah satu tempat berkemah terpadat di Bali. Sebab, letaknya yang di ketinggian membuat suasana dan panoramanya lebih indah.

Terdapat pula gardu pandang untuk berfoto dengan latar belakang Gunung Batur. Keindahan alamnya membuat matamu tak berkedip, deh!

  • Lokasi: Desa Pinggan, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali
  • Jam operasional: setiap hari 24 jam
  • Harga: gratis
  1. Gunung Abang

Gunung tertinggi ketiga di Pulau Bali ini jadi lokasi favorit untuk berburu sunrise. Suasananya terasa sejuk, sehingga bikin betah untuk berlama-lama.

Uniknya lagi, mendaki gunung setinggi 2.151 meter ini cukup menantang dan seru, karena medannya yang cukup terjal. Dari ketinggian kamu bisa melihat panorama Danau Batur, loh !

  • Lokasi: Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali
  • Jam operasional: setiap hari 24 jam
  • Harga: Rp10 ribu
  1. Toya Devasya

Memiliki arti” air dewa” dari bahasa Bali, Toya Devasya ialah sebuah pemandian air panas. Air panasnya sendiri berasal dari lapisan bawah kaldera Gunung Batur, sehingga rasanya sangat alami.

Spesialnya lagi, kamu bisa berendam dan berenang sambil melihat pemandangan Danau Batur. Ada tujuh kolam dengan bentuk dan ukuran yang berbeda, semuanya dijamin nyaman banget.

  • Lokasi: Batur Tengah, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali
  • Jam operasional: setiap hari pukul 07.00-19.00 WIB
  • Harga: anak-anak di bawah lima tahun dikenakan seharga Rp60 ribu, sedangkan orang dewasa seharga Rp100 ribu
  1. Desa Penelokan

Dengan pemandangan alamnya yang sangat unik dan menakjubkan, tempat yang biasa disebut Penelokan yang sesuai dengan namanya dari bahasa Bali yang artinya“ tempat untuk melihat- lihat” merupakan lokasi yang paling strategis untuk menikmati pemandangan alam dari ketinggian.

Penelokan Kintamani ialah salah satu tempat yang sudah Umum dan yang paling banyak dikunjungi wisatawan ketika liburan ke Kintamani.

Desa Penelokan ini ialah stop point ketika makan siang atau venue top point yang biasa ada dalam paket- paket wisata kintamani ubud regular yang sering ditawarkan agent/ biro perjalanan. Desa indah nan asri ini ada di ketinggian, sehingga suasananya selalu sejuk. Kalau kamu pengin melihat pemandangan Gunung Batur dan Danau Batur dari dataran tinggi, desa ini menjadi lokasi yang sesuai. Apabila datang ke sini, jangan lupa untuk selalu mengenakan pakaian tebal, ya!

  • Lokasi: Desa Penelokan, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali
  • Jam operasional: setiap hari 24 jam
  • Harga: WNI dikenakan harga Rp25 ribu, sedangkan WNA seharga Rp35 ribu

Nah, itulah beberapa tempat wisata paling populer di Kintamani, Bali, dengan pemandangan alam yang menawan. Liburan ke sini dijamin deh bakal melepas semua penat di yang ada di kepalamu. Selamat Berlibur !