Tips Bangun Bisnis dari Nol sampai Sekses!

www.artjunction.orgTips Bangun Bisnis dari Nol sampai Sekses! Anda ingin memulai bisnis akan tetapi masih takut memulai? Memang memulai bisnis memerlukan keberanian. Terlebih lagi Anda baru saja mengalami kegagalan dalam bisnis sebelumnya. Rasa takut memang masih wajar, karena Anda tidak ingin bisnis baru juga akan bernasib sama.

Yang pasti, Anda harus melawan rasa takut itu dengan melawannya. Ketakutan yang ada di dalam diri Anda justru yang akan merugikan Anda sendiri. Namun bagaimana jika ketakutan tetap ada? Jangan khawatir, ada beberapa cara supaya mengurangi rasa takut tersebut.

Hampir sebagian besar orang memimpikan menjadi seorang pebisnis besar dan sukses. Tetapi, hanya sebagian kecil yang benar-benar hidup menjalani mimpi tersebut.

Alasannya sederhana, merintis dan mengelola usaha sendiri tidak semudah yang dibayangkan. Selain harus memiliki mental sekuat baja, ada hal penting lain yang harus dipersiapkan matang.

Nah, menurut anda hal apakah yang dibutuhkan untuk mulai membangun usaha Anda hingga sukses?

Simak rahasia sukses membangun bisnis mulai dari nol berikut ini:

1. Meyakinkan diri

Mulailah untuk lebih membulatkan tekat hati sebelum memutuskan pilihanmu. Apabila masih setengah hati saat mulai membangun usaha, Anda akan lebih mudah dijatuhkan oleh keadaan. Alih-alih sukses, usaha yang Anda bangun justru berhenti di tengah jalan.

2. Persiapkan model bisnis yang akan dijalankan

Jika tekat hati sudah mantang, cobalah untuk mulai memikirkan model bisnis apa yang akan Anda jalankan nanti. Anda bisa mulai mencari tahu informasi tren bisnis yang sedang berkembang.

Sebelum memulai usaha, Anda wajib menentukan produk apa yang ingin Anda tawarkan kepada calon pembeli.

Baik berupa jasa maupun barang.

Produk yang Anda tawarkan haruslah berupa solusi yang dapat mempermudah calon pembeli Anda. Ini lah mengapa riset pasar menjadi langkah yang krusial.

Dari hasil riset yang mendalam, Anda dapat mengetahui persis produk apa yang tepat bagi target pasar yang ingin Anda tuju. Setelah menentukan produk, Anda bisa melakukan uji coba pasar. Lemparkan produk Anda ke pasar terbatas, seperti di lingkungan keluarga, tetangga, atau pertemanan Anda.

Akan tetapi pastikan bahwa hasil percobaan yang Anda lakukan memang tepat dengan pasar yang ingin Anda tuju. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa produk Anda memiliki tempat di pasar.

3.Pola Berpikir “Out of The Box”

Tidak akan ada pebisnis yang sukses tanpa berpikir kreatif.

Bisnis transportasi online misalnya, ia melihat peluang bagaimana bisnis ini nantinya menjadi solusi masyarakat urban.

Nah untuk itu, jadi biasakan untuk mengasah kemampuan berpikir menjadi lebih kreatif ya.

4. Siapkan “Visi dan Misi” yang jelas

Untuk memulai usaha dari nol yatg artinya anda harus mempersiapkan perencanaan matang yang dituangkan dalam business plan.

Business plan yang baik merupakan kunci kesuksesan usaha yang Anda bangun. Anda harus memetakan rencana Anda beberapa tahun ke depan. Tujuan apa yang ingin Anda raih, dan cara apa yang akan Anda lakukan untuk meraihnya.

Ada banyak sekali alasan mengapa business plan adalah faktor utama sebelum memulai bisnis, antara lain supaya memudahkan Anda mendapatkan pinjaman modal, untuk menilai apakah bisnis Anda memungkinan untuk dapat dimulai, sekaligus sebagai salah satu cara agar meyakinkan investor supaya bergabung bersama visi Anda.

Hal yang tak kalah penting saat akan memulai usaha ialah membuat rencana bisnis yang memiliki fleksibilitas serta inovasi bisnis di dalamnya, jangan lupa sertakan “Visi dan Misi” yang jelas usaha yang tengah Anda rintis.

5. Organisir diri

Awali dengan membiasakan diri lebih terorganisir. Hal ini sangat penting sebagai modal diri untuk mengatur usaha Anda. Sederhananya, jika Anda tak bisa mengorganisir diri, bagaimana Anda akan mengorganisir semua elemen bisnis Anda?

Baca Juga: Beragam Usaha Kecil Dengan Laba Menggiurkan di Masa Pandemi

6. Membuat catatan

Mencatat semua hal penting yang Anda dapat.

Mulai dari nasihat orang lain, hingga tantangan-tantangan yang Anda hadapi saat mengelola usaha Anda. Dengan tujuan, jika waktunya tiba, Anda tak hanya mewariskan sebuah perusahaan melainkan juga pengalaman Anda.

7. Fokuslah pada satu bisnis

Jangan tergesa – gesa melipat gandakan keuntungan dengan memulai bisnis ke dua. Pastikan bisnis yang Anda kelola saat ini sudah benar-benar stabil, baik dari segi modal, SDM, ataupun kebutuhan lainnya.

Anda harus fokus terhadap bisnis baru Anda karena kegagalan dalam berbisnis biasanya juga diakibatkan oleh tidak fokusnya anda dan banyak memikirkan sesuatu secara berlebihan.

contoh : terlalu sibuk memikirkan modal usaha untuk memulai bisnis yang tidak cukup, sehingga bisnis Anda tidak jalan. Padahal modal bukan satu-satunya aspek yang Anda butuhkan saat memulai usaha baru.

Banyak hal yang harus Anda pikirkan seperti jenis usaha baru yang Anda ingin lakukan dan strategi supaya tidak kalah saing. Bila Anda fokus, meskipun modal yang Anda miliki tidak banyak, Anda tetap bisa menjalankan bisnis Anda perlahan-lahan dengan perencanaan yang matang.

8. Siap menghadapi kemungkinan terburuk

Tekat keberanian memang diperlukan untuk benar-benar terun menjadi pebisnis. Akan tetapi, itu saja tidak akan cukup, analisa serta siapkan diri Anda pada kemungkinan terburuk yang bisa saja terjadi.

Usaha baru memerlukan keberanian untuk mengambil risiko. Jangan sampai Anda tidak berani memulai usaha baru hanya karena takut bangkrut atau gagal. Perlu di Ingat, hidup juga penuh risiko, jadi risiko adalah hal yang biasa.

Dari pada ketakutan terus – menerus, lebih baik Anda mematangkan konsep bisnis Anda. Bila konsep itu sempurna, Anda bisa mengurangi segala risiko yang akan terjadi. Termasuk bila usaha Anda gagal.

9. Terbuka terhadap evaluasi

Setiap pebisnis yang baru saja merintis usahanya terlebih yang mulai dari nol pasti melakukan berbagai kesalahan sepanjang kariernya.

Akan tetapi mereka berhasil memperbaiki satu persatu kesalahan itu hingga sukses seperti sekarang senantiasa melakukan evaluasi dari setiap kesalahan dalam pengambilan keputusan di tengah jalan.

Jadi, jangan pernah meremehkan evaluasi. Untuk itu kiranya penting untuk menyimpan segala catatan secara detail sebagai bahan evaluasi yang lebih komprehensif.

Agar mempermudah proses evaluasi Anda, Moka memiliki fitur COGS di mana Anda dapat memantau harga beli untuk setiap barang yang dijual. Moka dapat membantu Anda menghitung rata-rata pengeluaran hingga memantau laba bersih dan kotor yang didapat dari penjualan Anda.

Diantara rahasia kesuksesan adalah “proses belajar”. Jadilah orang yang selalu terbuka terhadap kritik dan nasihat dari orang lain. Cobalah untuk melakukan evaluasi pada kekurangan diri saat berbisnis.

10. Terus belajar dan jangan cepat puas

Pada saat memulai usaha dari nol, berarti Anda harus terus belajar, belajar, dan belajar. Masih banyak ilmu yang Anda wajib kuasai agar usaha Anda sukses. Kemampuan untuk melakukan penjualan, pemasaran, dan menjalin network merupakan hal yang wajib Anda kuasai.

Oleh karena itu, cara memulai usaha yang baik ialah dengan rajin-rajin mengikuti seminar, workshop, online course, ataupun mentoring.

Anda juga bisa mempelajari kisah-kisah pebisnis yang berhasil memulai dari nol hingga sukses. Dari kisah-kisah mereka Anda dapat mempelajari kegagalan yang mereka alami, serta bagaimana cara untuk bangkit dari dari kegagalan tersebut.

Setiap perjalanan bisnis pasti ada “naik dan turunya”. Saat bisnis yang Anda kelola sedang di atas angin, jangan cepat bangga dan merasa puas diri. Gunakan momentum ini untuk semakin mengakselerasi bisnis. Begitupun pada saat bisnis Anda sedang lesu, jangan lantas putus asa. Buka hati dan jangan malu untuk bertanya kepada pengusaha senior.

11. Jalankan bisnis yang Anda sukai

Sesuaikan dengan passion Anda Tidak peduli sesering apapun Anda mendengarnya, passion merupakan salah satu faktor terpenting untuk memulai sebuah usaha. Bahkan bukan hanya untuk memulai, tetapi juga untuk mengelolanya hingga sukses.

Untuk memulai dan menjalankan suatu usaha, Anda akan menghabiskan banyak waktu untuk menyempurnakan semua masanya. Jadi apabila tidak berdasarkan kecintaan, maka seluruh waktu yang Anda habiskan untuk membangun usaha dari nol akan terasa seperti beban yang berat.

Menjalani sesuatu sesuai dengan passion akan membuat sesorang lebih rileks, bahkan saat sedang diterjang situasi sulit sekalipun. Hal ini juga berlaku di dalam dunia bisnis. Dengan begitu, Anda dijamin tak akan kesulitan dalam mempertahankan komitmen.

12. Jalankan bisnis yang Anda kuasai

Bisnis tentu membicara soal keuntungan. Ada kalanya hal yang Anda sukai kurang menguntungkan, baiknya Anda kesampingkan dulu hal yang Anda sukai dan fokus kepada yang Anda kuasai. Pahami potensi Anda, lalu terapkan ke dalam fokus bisnis Anda.

13. Siapkan modal usaha

Sekarang kita bahas faktor eksternal dalam memulai usaha. Pertama-tama soal modal. Pastikan apakah modal dalam bisnis Anda berasal dari dana pribadi atau dari hasil patungan. Bila dari hasil patungan, pastikan semuanya diatur secara jelas, hitam di atas putih. Agar nantinya tak ada yang merasa dirugikan saat membagi hasil.

14.Melihat peluang bisnis

Kunci utama dalam memulai usaha dari nol ialah riset pasar yang komprehensif. Selama melakukan riset pasar, Anda perlu mempelajari dinamikanya, siapa saja kompetitornya, siapa dan bagaimana karakteristik target pasar Anda.

Anda juga bisa menemukan celah mana yang bisa Anda manfaatkan. Memulai usaha tanpa memahami pasar sama saja dengan menyimpan bom waktu. Mungkin tidak sekarang, tapi usaha yang sudah Anda bangun dari nol dapat runtuh sewaktu-waktu.

Sedikit masukkan, sejak beberapa tahun terakhir ini, Pemerintah Indonesia sedang menaruh perhatian besar di sektor perdagangan digital. Nah hal tersebut merupakan contoh peluang bisnis yang dapat Anda manfaatkan. Anda bisa mulai berdagang secara online, atau bahkan mendirikan perusahaan startup berbasis digital.

Baca Juga: 10 PC Gaming Terbaik 2020-2021

15. Meningkatkan Kualuitas Produk

Setelah Anda melakukan evaluasi, maka gunakan hasilnya untuk meningkatkan kualitas produk Anda. Jangan ragu untuk berinovasi dalam menciptakan produk yang lebih baik lagi karena tidak ada perusahaan yang puas pada satu produk saja.

Apabila Anda tidak meningkatkan kualitas produk, maka seluruh kerja keras untuk membangun usaha dari nol akan sia-sia.

16. Mempersiapkan Operasional

Pastikan semua kebutuhan bisnis Anda bisa dipenuhi oleh alat ataupun mesin penunjang operasional. Anda bisa mempersiapkannya dengan cara membeli atau menyewa. Tergantung dangan besarnya modal yang sudah ada.

17. Pilih SDM yang tepat

Sumber daya manusia merupakan salah faktor krusial apakah bisnis Anda dapat bertahan atau tidak. Sebab tak mungkin Anda mengelola semuanya sendirian. Pastikan SDM yang Anda pekerjakan mendatangkan manfaat.

18. Pahami kompetisi

Dunia bisnis merupakan dunia yang sarat akan kompetisi. Untuk memenangkan persaingan, cara terbaik ialah dengan mempelajari dan belajar dari pesaing Anda. Jangan malu mengakui keunggulan pesaing Anda, tetapi juga jangan mau kalah. Belajarlah dari keunggulan pesaing Anda, sikapi dengan positif dan cari cara bagaimana Anda bisa menjadi lebih unggul.

19. Memiliki Mental baja

Satu atau dua kali pasti bisnis Anda akan mengalami penurunan, bahkan tidak jarang yang mengalami kebangkrutan. Jika dihadapkan pada kondisi ini, jangan memutuskan untuk berhenti. Sebab apa yang sudah dimulai sayang jika tak diselesaikan. Semua yang Anda butuhkan sudah ada di genggaman, pengalaman. Jadikan pengalaman sebagai modal berharga agar nantinya sukses dapat Anda raih.

20. Action

Hal pokok dari membangun bisnis adalah “memulai”. Memang tidak mudah tapi langkah pertama sangat diperlukan. Sukses bukan jatuh dari langit, ia tidak datang sendiri. Sukses didapat melalui perjalanan serta usaha tak kenal lelah. Jadi mulai pijakkan langkah pertama Anda menuju kesuksesan.

21. Cobalah Menjalin Koneksi

Siapapun akan sepakat bahwa untuk menjalankan bisnis, menjalin koneksi merupakan hal penting. koneksi yang baik akan membantu Anda memulai usaha baru. Katakanlah mereka akan berbagi pengalaman dan strategi bagaimana usaha mereka bisa berhasil. Informasi dari mereka yang punya bisnis sama akan mengurangi rasa ragu Anda.

Saat ini mencari koneksi tidaklah sesulit dulu. Banyak media sosial yang bisa Anda gunakan. Bahkan orang terkenal dan piawai dalam bisnis pun memiliki sosial media. Dan dari situlah Anda mulai memperkenalkan diri.

22. Percaya Diri

Pada saat baru memulai bisnis, ide-ide kreatif Anda pasti sempat mengalami penolakan dan diabaikan orang. Ini menjadi salah satu alasan kenapa orang tidak berani memulai untuk berbisnis. Anda perlu meyakinkan diri bahwa Anda bisa berhasil dengan usaha baru Anda itu.
Yang terpenting Anda harus bisa memperbaiki kualitas diri agar dapat bersaing di kancah usaha yang Anda impikan. Rasa percaya diri ini jadi resep utama yang membuat usaha Anda akan mengalami kesuksesan nantinya.

23. Bercermin dari Kisah Inspiratif

Tidak ada salahnya menumbuhkan keyakinan akan diri sendiri dengan bercermin dari kisah inspiratif kesuksesan orang lain. Kisah ini akan menuntun anda serta inspirasi anda untuk menghilangkan rasa takut Anda untuk memulai bisnis baru.

24. Sering Meminta Kritik serta Saran

Untuk mengurangi ketakutan memulai bisnis baru, Mengapa Anda tidak meminta saran dari orang yang pernah berbisnis dan berhasil? Saran tersebut akan menjadi strategi untuk keberhasil bisnis baru Anda. Kalau Anda sering bertanya pada orang yang ahli, kemungkinan bisnis Anda gagal akan semakin kecil.

25. Miliki layanan pelanggan yang baik

Pada awal berjalannya usaha pasti ditemukan berbagai kesalahan. Kesalahan-kesalahan itu mungkin menghasilkan komplain dari pelanggan Anda. Maka dari itu, Anda wajib mrempunyai layanan pelanggan yang ramah, informatif, serta solutif.
Gunanya ialah ketika pelanggan mengajukan komplain, Anda dapat memberikan solusi. Dengan demikian kekecewaan pelanggan Anda dapat terobati dan usaha yang sudah Anda bangun dari nol tidak akan buruk di mata pelanggan.

Nah, bagaimana dengan Anda?

Pada dasarnya banyak cara untuk memulai usaha yang dapat Anda aplikasikan. Namun tekad kuat lah yang dapat membuat usaha Anda berjalan lancar. Apabila Anda hanya bermimpi menjadi pengusaha, tanpa adanya upaya untuk memulai maka ia tidak akan pernah terwujud.
Semoga dari tips serta saran di atas dapat memberikan pelajaran bahwa perjalanan dari nol hingga sukses bukanlah sesuatu yang mustahil dan bisa Anda lakukan.